Wednesday 8 July 2015

On 22:01 by Dr. SUKRIS SUTIYATNO, MM., M.Hum   No comments

PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL


Sukris Sutiyatno
Di sampaikan dalam Kegiatan: Pengabdian pada Masyarakat

CONTEXTUAL TEACHING LEARNING : KONSEP BELAJAR YANG MENGKAITKAN ANTARA MATERI YANG DIAJARKANNYA DENGAN SITUASI DUNIA NYATA SISWA DAN MENDORONG SISWA MEMBUAT HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUANYANG DIMILIKINYA DENGAN PENERAPANNYA DALAM KEHIDUPAN MEREKA SEBAGAI ANGGOTA KELUARGA DAN MASYARAKAT.


DALAM KELAS KONTEKSTUAL TUGAS GURU ADALAH MEMBANTU SISWA MENCAPAI TUJUANNYA. MAKSUDNYA GURU LEBIH BANYAK BERURUSAN DENGAN STRATEGI DARIPADA MEMBERI INFORMASI.

PENERAPAN CTL DALAM KELAS :
1.     KEMBANGKAN PEMIKIRAN BAHWA ANAK AKAN BELAJAR LEBIH BERMAKNA DENGAN CARA BEKERJA SENDIRI, MENEMUKAN SENDIRI, DAN MENGKONSTRUKSI SENDIRI PENGETAHUAN DAN KETRAMPILAN BARUNYA.
2.     LAKSANAKAN SEJAUH MUNGKIN KEGIATAN INKUIRI UNTUK SEMUA TOPIK
3.     KEMBANGKAN SIFAT INGIN TAHU SISWA DENGAN BERTANYA
4.     CIPTAKAN MASYARAKAT BELAJAR (BELAJAR DALAM KELOMPOK-KELOMPOK)
5.     HADIRKAN MODEL SEBAGAI CONTOH PEMBELAJARAN
6.     LAKUKAN REFLEKSI DIAKHIR PERTEMUAN
7.     LAKUKAN PENILAIAN YANG SEBENARNYA DENGAN BERBAGAI CARA

TUJUH KOMPONEN CTL :

1.     KONSTRUKTIVISME :
LANDASAN BERPIKIR KONSTRUKTIVISME AGAK BERBEDA DENGAN PANDANGAN KAUM OBJEKTIVIS, YANG LEBIH MENEKANKAN PADA HASIL PEMBELAJARAN. DALAM PANDANGAN KONSTRUKTIVIS, ‘STRTAEGI MEMPEROLEH’ LEBIH DIUTAMAKAN DIBANDINGKAN SEBERAPA BANYAK SISWA MEMPEROLEH DAN MENGINGAT PENGETAHUAN. UNTUK ITU, TUGAS GURU ADALAH MEMFASILITASI PROSES TERSEBUT DENGAN :
1)    MENJADIKAN PENGETAHUAN BERMAKNA DAN RELEVAN BAGI SISWA,
2)    MEMBERI KESEMPATAN SISWA MENEMUKAN DAN MENERAPKAN IDENYA SENDIRI, DAN
3)    MENYADARKAN SISWA AGAR MENERAPKAN STRATEGI MEREKA SENDIRI DALAM BELAJAR

2.     MENEMUKAN
MENEMUKAN MERUPAKAN BAGIAN INTI DARI KEGIATAN PEMBELAJARAN BERBASIS CTL. PENGETAHUAN DAN KETRAMPILAN YANG DIPEROLEH SISWA DIHARAPKAN BUKAN HASIL MENGINGAT SEPERANGKAT FAKTA-FAKTA, TETAPI HASIL DARI MENEMUKAN SENDIRI.
INQUIRI TIDAK HANYA DITERAPKAN PADA PELAJARAN IPA, TETAPI DAPAT DITERAPKAN PADA SEMUA BIDANG STUDI : MISALNYA BAHASA INDONESIA (MENEMUKAN CARA MENULIS PARAGRAPH DESKRIPSI); IPS (MEMBUAT SENDIRI BAGAN SILSILAH RAJA-RAJA MAJAPAHIT); PPKN (MENEMUKAN PERILAKU BAIK DAN PERILAKU BURUK ). KATA KUNCI DARI INQUIRI ADALAH SISWA MENEMUKAN SENDIRI.

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN MENEMUKAN ADALAH :
(1)  MENEMUKAN MASALAH
(2)  MENGAMATI ATAU MELAKUKAN OBSERVASI
(3)  MENGANALISIS DAN MENYAJIKAN HASIL DALAM TULISAN, GAMBAR, LAPORAN, BAGAN, TABEL, DAN KARYA LAIN
(4)  MENGKOMUNIKASIKAN ATAU MENYAJIKAN HASIL KARYA PADA PEMBACA, TEMAN SEKELAS, GURU, ATAU AUDIEN YANG LAIN

3.     BERTANYA
BERTANYA MERUPAKAN STRATEGI UTAMA PEMBELAJARAN BERBASIS CTL.

KEGIATAN BERTANYA BERGUNA UNTUK :
(1)      MENGGALI INFORMASI, BAIK ADMINISTRASI MAUPUN AKADEMIS
(2)      MENGECEK PEMAHAMAN SISWA
(3)      MEMBANGKITKAN RESPON KEPADA SISWA
(4)      MENGETAHUI SEJAUHMANA KEINGINAN SISWA
(5)      MENGETAHUI HAL YANG SUDAH DIKETAHUI SISWA
(6)      MEMFOKUSKAN PERHATIAN SISWA PADA SESUATU YANG DIKEHENDAKI SISWA
(7)      UNTUK MEMBANGKITKAN LEBIH BANYAK LAGI PERTANYAAN DARI SISWA
(8)      UNTUK MENYEGARKAN LAGI KEMBALI PENGETAHUAN SISWA

PENERAPANNYA : ANTARA SISWA DENGAN SISWA, ANTARA GURU DENGAN SISWA, ANTARA SISWA DENGAN GURU, ANTARA SISWA DENGAN ORANG LAIN YANG DIDATANGKAN.

4.     MASYARAKAT BELAJAR

KONSEP LEARNING COMMUNITY MENYARANKAN AGAR HASIL PEMBELAJARAN DIPEROLEH DARI KERJASAMA DENGAN ORANG LAIN.

DLM KELAS CTL GURU DISARANKAN SELALU MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DLM KELOMPOK-KELOMPOK BELAJAR.

GURU MEELAKUKAN KOLABORASI DENGAN MENDATANGKAN SEORANG AHLI KE KELAS. MISALNYA TUKANG SABLON, PETANI JAGUNG, TEKNISI KOMPUTER, DOKTER DSB.

5.     PEMODELAN

MAKSUDNYA ADALAH SEBUAH PEMBELAJARAN KETRAMPILAN ATAU PENGETAHUAN TERTENTU, ADA MODEL YANG DITIRU. MODEL ITU BISA BERUPA CARA MENGOPERASIKAN SESUATU, CARA MELEMPAR BOLA DALAM OR, CONTOH KARYA TULIS, CARA MELAFALKAN BAHASA INGGRIS DSB. ATAU GURU MEMBERI CONTOH CARA MENGERJAKAN SESUATU. DENGAN BEGITU, GURU MEMBERI MODEL TENTANG ‘BAGAIMANA CARA BELAJAR’.
         

6.     REFLEKSI
REFLEKSI ADALAH CARA BERPIKIR TENTANG APA YANG BARU DIPELAJARI ATAU BERPIKIR KE BELAKANG TENTANG APA-APA YANG SUDAH KITA LAKUKAN DI MASA YANG LALU.

REFLEKSI MERUPAKAN RESPON TERHADAP KEJADIAN, AKTIVITAS, ATAU PENGETAHUAN YANG BARU DITERIMA. MISALNYA, KETIKA PELAJARAN BERAKHIR, SISWA MERENUNG ‘KALAU BEGITU, CARA SAYA MENYIMPAN DI FILE ITU SALAH, YA! MESTINYA, DENGAN CARA YANG BARU SAYA PELAJARI INI, FILE KOMPUTER SAYA LEBIH TERTATA.

PADA AKHIR PEMBELAJARAN, GURU MENYISAKAN WAKTU SEJENAK AGAR SISWA MELAKUKAN REFLEKSI. REALISASINYA BERUPA :
·         PERNYATAAN LANGSUNG TENTANG APA-APA YANG DIPEROLEHNYA HARI ITU
·         CATATAN ATAU JURNAL DI BUKU SISWA
·         KESAN DAN SARAN SISWA MENGENAI PEMBELAJARAN HARI ITU
·         DISKUSI
·         HASIL KARYA

7.     PENILAIAN YANG SEBENARNYA

ADALAH PROSES PENGUMPULAN BERBAGAI DATA YANG BISA MEMBERIKAN GAMBARAN PERKEMBANGAN BELAJAR SISWA.

PENILAIAN TIDAK HANYA DILAKUKAN DI AKHIR PERIODE (CAWU/SEMESTER) PEMBELAJARAN SEPERTI PADA KEGIATAN EVALUASI HASIL BELAJAR (EBTANAS) TETAPI DILAKUKAN BERSAMA DENGAN SECARA TERINTEGRASI (TIDAK TERPISAHKAN) DARI KEGIATAN PEMBELAJARAN.

KEMAJUAN BELAJAR DINILAI DARI PROSES BUKAN MELULU HASIL.


KARAKTERISTIK  PENILAIAN SEBENARNYA :

·         DILAKSANAKAN SELAMA DAN SESUDAH PROSES PEMBELAJARAN
·         BISA DIGUNAKAN FORMATIF ATAU SUMATIF
·         YANG DIUKUR PERFORMANSI, BUKAN MENGINGAT FAKTA
·         BERKESINAMBUNGAN
·         TERINTEGRASI
·         DAPAT DIGUNAKAN SEBAGAI FEEDBACK

KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN BERBASIS CTL :

·         KERJA SAMA
·         SALING MENUNJANG
·         MENYENANGKAN, TIDAK MEMBOSANKAN
·         BELAJAR DENGAN BERGAIRAH
·         PEMBELAJARAN TERINTEGRASI
·         MENGGUNAKAN BERBAGAI SUMBER
·         SISWA AKTIF
·         SHARING DENGAN TEMAN
·         SISWA KRITIS GURU KREATIF
·         DINDING KELAS & LORONG-LORONG PENUH DENGAN HASIL KARYA SISWA, PETA-PETA, GAMBAR, ARTIKEL, HUMOR DLL
·         LAPORAN KEPADA ORANG TUA BUKAN HANYA RAPOR, TETAPI HASIL KARYA SISWA, LAPORAN HASIL PRAKTIKUM, KARANGAN SISWA DLL.






0 comments:

Post a Comment