Wednesday 8 July 2015
On 22:01 by Dr. SUKRIS SUTIYATNO, MM., M.Hum No comments
PEMBELAJARAN
KONTEKSTUAL
Sukris Sutiyatno
Di sampaikan dalam Kegiatan: Pengabdian pada
Masyarakat
CONTEXTUAL TEACHING LEARNING : KONSEP BELAJAR YANG MENGKAITKAN ANTARA MATERI YANG DIAJARKANNYA DENGAN SITUASI DUNIA NYATA SISWA DAN MENDORONG SISWA MEMBUAT HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUANYANG DIMILIKINYA DENGAN PENERAPANNYA DALAM KEHIDUPAN MEREKA SEBAGAI ANGGOTA KELUARGA DAN MASYARAKAT.
DALAM KELAS KONTEKSTUAL TUGAS GURU ADALAH MEMBANTU SISWA
MENCAPAI TUJUANNYA. MAKSUDNYA GURU LEBIH BANYAK BERURUSAN DENGAN STRATEGI
DARIPADA MEMBERI INFORMASI.
PENERAPAN CTL DALAM KELAS :
1. KEMBANGKAN PEMIKIRAN BAHWA
ANAK AKAN BELAJAR LEBIH BERMAKNA DENGAN CARA BEKERJA SENDIRI, MENEMUKAN
SENDIRI, DAN MENGKONSTRUKSI SENDIRI PENGETAHUAN DAN KETRAMPILAN BARUNYA.
2. LAKSANAKAN SEJAUH MUNGKIN
KEGIATAN INKUIRI UNTUK SEMUA TOPIK
3. KEMBANGKAN SIFAT INGIN TAHU
SISWA DENGAN BERTANYA
4. CIPTAKAN MASYARAKAT BELAJAR
(BELAJAR DALAM KELOMPOK-KELOMPOK)
5. HADIRKAN MODEL SEBAGAI
CONTOH PEMBELAJARAN
6. LAKUKAN REFLEKSI DIAKHIR
PERTEMUAN
7. LAKUKAN PENILAIAN YANG
SEBENARNYA DENGAN BERBAGAI CARA
TUJUH KOMPONEN CTL :
1. KONSTRUKTIVISME :
LANDASAN BERPIKIR
KONSTRUKTIVISME AGAK BERBEDA DENGAN PANDANGAN KAUM OBJEKTIVIS, YANG LEBIH
MENEKANKAN PADA HASIL PEMBELAJARAN. DALAM PANDANGAN KONSTRUKTIVIS, ‘STRTAEGI
MEMPEROLEH’ LEBIH DIUTAMAKAN DIBANDINGKAN SEBERAPA BANYAK SISWA MEMPEROLEH DAN
MENGINGAT PENGETAHUAN. UNTUK ITU, TUGAS GURU ADALAH MEMFASILITASI PROSES
TERSEBUT DENGAN :
1) MENJADIKAN PENGETAHUAN
BERMAKNA DAN RELEVAN BAGI SISWA,
2) MEMBERI KESEMPATAN SISWA
MENEMUKAN DAN MENERAPKAN IDENYA SENDIRI, DAN
3) MENYADARKAN SISWA AGAR
MENERAPKAN STRATEGI MEREKA SENDIRI DALAM BELAJAR
2. MENEMUKAN
MENEMUKAN MERUPAKAN BAGIAN
INTI DARI KEGIATAN PEMBELAJARAN BERBASIS CTL. PENGETAHUAN DAN KETRAMPILAN YANG
DIPEROLEH SISWA DIHARAPKAN BUKAN HASIL MENGINGAT SEPERANGKAT FAKTA-FAKTA,
TETAPI HASIL DARI MENEMUKAN SENDIRI.
INQUIRI TIDAK HANYA
DITERAPKAN PADA PELAJARAN IPA, TETAPI DAPAT DITERAPKAN PADA SEMUA BIDANG STUDI
: MISALNYA BAHASA INDONESIA (MENEMUKAN CARA MENULIS PARAGRAPH DESKRIPSI); IPS
(MEMBUAT SENDIRI BAGAN SILSILAH RAJA-RAJA MAJAPAHIT); PPKN (MENEMUKAN PERILAKU
BAIK DAN PERILAKU BURUK ). KATA KUNCI DARI INQUIRI ADALAH SISWA MENEMUKAN
SENDIRI.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MENEMUKAN ADALAH :
(1) MENEMUKAN MASALAH
(2) MENGAMATI ATAU MELAKUKAN
OBSERVASI
(3) MENGANALISIS DAN MENYAJIKAN HASIL
DALAM TULISAN, GAMBAR, LAPORAN, BAGAN, TABEL, DAN KARYA LAIN
(4) MENGKOMUNIKASIKAN ATAU
MENYAJIKAN HASIL KARYA PADA PEMBACA, TEMAN SEKELAS, GURU, ATAU AUDIEN YANG LAIN
3. BERTANYA
BERTANYA MERUPAKAN STRATEGI
UTAMA PEMBELAJARAN BERBASIS CTL.
KEGIATAN BERTANYA BERGUNA
UNTUK :
(1) MENGGALI INFORMASI, BAIK
ADMINISTRASI MAUPUN AKADEMIS
(2) MENGECEK PEMAHAMAN SISWA
(3) MEMBANGKITKAN RESPON KEPADA
SISWA
(4) MENGETAHUI SEJAUHMANA
KEINGINAN SISWA
(5) MENGETAHUI HAL YANG SUDAH
DIKETAHUI SISWA
(6) MEMFOKUSKAN PERHATIAN SISWA
PADA SESUATU YANG DIKEHENDAKI SISWA
(7) UNTUK MEMBANGKITKAN LEBIH
BANYAK LAGI PERTANYAAN DARI SISWA
(8) UNTUK MENYEGARKAN LAGI
KEMBALI PENGETAHUAN SISWA
PENERAPANNYA : ANTARA SISWA
DENGAN SISWA, ANTARA GURU DENGAN SISWA, ANTARA SISWA DENGAN GURU, ANTARA SISWA
DENGAN ORANG LAIN YANG DIDATANGKAN.
4. MASYARAKAT BELAJAR
KONSEP LEARNING COMMUNITY
MENYARANKAN AGAR HASIL PEMBELAJARAN DIPEROLEH DARI KERJASAMA DENGAN ORANG LAIN.
DLM KELAS CTL GURU
DISARANKAN SELALU MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DLM KELOMPOK-KELOMPOK BELAJAR.
GURU MEELAKUKAN KOLABORASI
DENGAN MENDATANGKAN SEORANG AHLI KE KELAS. MISALNYA TUKANG SABLON, PETANI
JAGUNG, TEKNISI KOMPUTER, DOKTER DSB.
5. PEMODELAN
MAKSUDNYA ADALAH SEBUAH
PEMBELAJARAN KETRAMPILAN ATAU PENGETAHUAN TERTENTU, ADA MODEL YANG DITIRU.
MODEL ITU BISA BERUPA CARA MENGOPERASIKAN SESUATU, CARA MELEMPAR BOLA DALAM OR,
CONTOH KARYA TULIS, CARA MELAFALKAN BAHASA INGGRIS DSB. ATAU GURU MEMBERI
CONTOH CARA MENGERJAKAN SESUATU. DENGAN BEGITU, GURU MEMBERI MODEL TENTANG
‘BAGAIMANA CARA BELAJAR’.
6. REFLEKSI
REFLEKSI ADALAH CARA
BERPIKIR TENTANG APA YANG BARU DIPELAJARI ATAU BERPIKIR KE BELAKANG TENTANG
APA-APA YANG SUDAH KITA LAKUKAN DI MASA YANG LALU.
REFLEKSI MERUPAKAN RESPON
TERHADAP KEJADIAN, AKTIVITAS, ATAU PENGETAHUAN YANG BARU DITERIMA. MISALNYA,
KETIKA PELAJARAN BERAKHIR, SISWA MERENUNG ‘KALAU BEGITU, CARA SAYA MENYIMPAN DI
FILE ITU SALAH, YA! MESTINYA, DENGAN CARA YANG BARU SAYA PELAJARI INI, FILE
KOMPUTER SAYA LEBIH TERTATA.
PADA AKHIR PEMBELAJARAN,
GURU MENYISAKAN WAKTU SEJENAK AGAR SISWA MELAKUKAN REFLEKSI. REALISASINYA
BERUPA :
·
PERNYATAAN LANGSUNG TENTANG APA-APA YANG DIPEROLEHNYA HARI ITU
·
CATATAN ATAU JURNAL DI BUKU SISWA
·
KESAN DAN SARAN SISWA MENGENAI PEMBELAJARAN HARI ITU
·
DISKUSI
·
HASIL KARYA
7. PENILAIAN YANG SEBENARNYA
ADALAH PROSES PENGUMPULAN
BERBAGAI DATA YANG BISA MEMBERIKAN GAMBARAN PERKEMBANGAN BELAJAR SISWA.
PENILAIAN TIDAK HANYA
DILAKUKAN DI AKHIR PERIODE (CAWU/SEMESTER) PEMBELAJARAN SEPERTI PADA KEGIATAN
EVALUASI HASIL BELAJAR (EBTANAS) TETAPI DILAKUKAN BERSAMA DENGAN SECARA
TERINTEGRASI (TIDAK TERPISAHKAN) DARI KEGIATAN PEMBELAJARAN.
KEMAJUAN BELAJAR DINILAI
DARI PROSES BUKAN MELULU HASIL.
KARAKTERISTIK PENILAIAN SEBENARNYA :
·
DILAKSANAKAN SELAMA DAN SESUDAH PROSES PEMBELAJARAN
·
BISA DIGUNAKAN FORMATIF ATAU SUMATIF
·
YANG DIUKUR PERFORMANSI, BUKAN MENGINGAT FAKTA
·
BERKESINAMBUNGAN
·
TERINTEGRASI
·
DAPAT DIGUNAKAN SEBAGAI FEEDBACK
KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN BERBASIS CTL :
·
KERJA SAMA
·
SALING MENUNJANG
·
MENYENANGKAN, TIDAK MEMBOSANKAN
·
BELAJAR DENGAN BERGAIRAH
·
PEMBELAJARAN TERINTEGRASI
·
MENGGUNAKAN BERBAGAI SUMBER
·
SISWA AKTIF
·
SHARING DENGAN TEMAN
·
SISWA KRITIS GURU KREATIF
·
DINDING KELAS & LORONG-LORONG PENUH DENGAN HASIL KARYA SISWA,
PETA-PETA, GAMBAR, ARTIKEL, HUMOR DLL
·
LAPORAN KEPADA ORANG TUA BUKAN HANYA RAPOR, TETAPI HASIL KARYA SISWA,
LAPORAN HASIL PRAKTIKUM, KARANGAN SISWA DLL.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Search
Popular Posts
-
PENGARUH FAKTOR GEOGRAFIS DALAM KONDISI BAHASA Sukris Sutiyatno STMIK Bina Patria Magelang Jln. R. Saleh. No. 02Magelang telp. 0293-3...
-
Dr. SUKRIS SUTIYATNO, MM., M.Hum
-
PENTINGNYA PENDIDIKAN KEJURUAN BERORIENTASI PASAR TENAGA KERJA Sukris Sutiyatno Sukris65@yahoo.com (Dosen STMIK Bina Patria Magelan...
-
PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL Sukris Sutiyatno Di sampaikan dalam Kegiatan: Pengabdian pada Masyarakat CONTEXTUAL TEACHING LEARNING :...
-
PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN Sukris Sutiyatno STMIK Bina Patria Magela...
-
DETERMINING MERIT AND WORTH OF EVALUATION (FORMATIVE AND SUMATIVE CONTEXT) Sukris Sutiyatno Sukris65@yahoo.com (Dosen STMIK Bina Pa...
-
REKONSTRUKSI PENDIDIKAN KEJURUAN PENDIDIKAN KEJURUAN BERORIENTASI PASAR Sukris Sutiyatno Sukris65@yahoo.com (Dosen STMIK Bina Patri...
-
Manajemen Kepuasan Siswa Sukris65@yahoo.com STMIK Bina Patria Magelang A. Kualitas sebagai Ujung Tombak Kepuasan Siswa Bagi...
-
Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (PPs UNY), Kamis (30/10/2014), kembali mengadakan ujian terbuka disertasi bagi Sukr...
-
PENGUMUMAN Diberitahukan kepada seluruh Civitas Academica STMIK Bina Patria Magelang khususnya Kelas Teknik Informatika Reguler Semeste...
0 comments:
Post a Comment